Kamis, 19 Maret 2009

TEKNIK MODIFIKASI MESIN SEPEDA MOTOR

TANGKI BENSIN

Ada 2 cara modifikasi tangki bensin yaitu menambah kapasitas tangki atau membuat sendiri

a. Menambah kapasitas tangki

Cara menambah kapasitas tangki adalah dengan memperbesar volume tangki
1. Kuras habis bensin dalam tangki
2. Lepas tangki dari dudukannya
3. Bersihkan tangki dari sisa-sisa bensin
4. Belah tangki bensin jadi dua sama besar tepat di bagian tengahnya memanjang.Guanakan gergaji atau las
5. Sediakan plat yang tebal sama denga plat tangki
6. Bentuklah plat tsb sehingga bisa di gunakan untuk menyambung kedua belahan tangki tsb
7. Sambung kedua belahan tangki tsb dengan cara di las
8. Haluskan permukaan pengelasan dengan gerinda dan amril
9. Tes kebocoran tangki
10. Cat tangki agar lebih menarik
11.pasang tangki pada tempat semula

b. Mengganti dengan tangki sepeda motor yang lain

Cara ini paling mudah dilakukan tinggal mencari tangki bekas atau beli yang baru

c. Membuat tangki baru

Cara ini jarang dilakukan karena butuh ketrampilan tinggi.
Langkah-langkah pembuatan:
1. Buat rencana ukuran tangki bensin yang di inginkan
2. Buat gambar bukaan tangki bensin beserta ukuran lengkap
3. Potong plat bekas drum oli atau plat yang lain
4. Buat gambar bukaan bensin yang direncanakan di atas dengan cara sbb:
_ Oleskan kapur di bagian yang akan di gambari
_ Buat gambar dengan goresan menggunakan paku baja
_ Buat titik-titik sepanjang goresan tsb
5. Potong plat menurut garis gambar bukaan
6. Bersihkan sisa-sisa bekas pemotonagan agar tidak tajam
7. Buat bentuk tangki dengan menggunakan palu plastik atau palu kayu dengan landasan
8. Jika bentuk tangki sudah sesuai rencana lakuka pengelasan
9. Tes kebocoran tangki
10.Tangki siap di pasang

RUANG BAKAR

Untuk menaikkan tenaga mesin dapat di lakukan dengan menambah tekanan kompresi dengan cara mengurangi atau memperkecil volume kompresi sbb:
1. Lepas kepala silinder mesin
2. Lepas katup-katup dan penggerak katup pada kepala silinder
3. Bersihkan permukaan kepala silinder dan blog silinder
4. Kurangi permukaan kepala silinder untuk memperkecil volume ruang bakar sekiuotar 0,8 mm
5. Bersihkan kepala silinder
6. Pasang katup dan pengungkitnya
7. Pasang kepala silinder dengan perpak tipis
8. Keraskan baut kepala silinder dengan urutan silang
9. Hidupkan mesin pada putaran stasioner
10. Perhatilkan suara mesin asap knalpot dan putarannya
11. Jika tidak ada kelainan tambah putaran mesin dan jalankan motor

Cara mengurangi volume ruang bakar :
1. Sediakan kaca tebal yang masih baik
2.Taburkan karborondum(bahan untuk menyekur katup)ke atas kaca dengan merata
3. Gosok-gosokkan permukaan kepala silinder keatas kaca
4. Lakukan berulang-ulang sampai mengkilap
5. Pengurangan volume ruang bakar terjadi karena gosokan tsb
6. Pengurangan volume jangan berlebihan
7. Hasil gosokan harus rata

Jika modifikasi salah maka tekanan kompresi akan berlebihan sehingga timbul:
- Detonasi
- Mesin panas
- Tenagta menurun
- Kerusakan lebih parah

PENGENDALI KECEPATAN

Adapun cara yang sederhana untuk mengendalikan kecepatan sepeda motor yaitu:
1. Siapkan satu plat baja tipis kira-kira setebal penggaris baja yang ujung-ujungnya berbentuk setengah lingkaran .Jika tidak ada bisa dibuat sendiridari plat yang sejenis
2. Bentuk plat tsb seperti gambar dan pasangkan karet penahan
3. Pasang alat tsb pada grip gas dan bagian ujung yang lain pada handel rem depan
4. Jika grip di putar terus untuk menambah kecepatan maka grip akan terasa berat karena alat tsb akan menahan

0 komentar:

Poskan Komentar

Love is...
© berita - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace